Bambang Sutopo untuk Entrepreneur

Saat ini negeri kita menghadapi berbagai tantangan yang luar biasa. Bahan baku yang semakin terbatas, harga BBM yang semakin naik, harga produksi yang semakin tinggi, dan daya beli yang semakin terbatas merupakan sebagian dari kesulitan yang dihadapi Indonesia. Ditambah lagi pada sepuluh tahun mendatang akan mulai terjadi bonus demografi—jumlah penduduk usia kerja jauh lebih banyak dari jumlah anak-anak dan lansia.

Dalam sepuluh tahun ke depan kita harus mulai terlibat dalam upaya untuk menciptakan lapangan kerja dengan cara mendidik tenaga kerja terampil serta membuka kesempatan kerja yang seluas-luasnya dengan memastikan bisnis yang kita kelola harus berkembang.

Melihat kondisi di atas, saya sebagai seorang entrepreneur merasa terpanggil untuk memperbaiki kondisi perekonomian di negeri ini yang semakin berat dengan mulai membangun kembali sektor perekonomian. Salah satu caranya adalah dengan memberdayakan para entrepreneur atau pengusaha, khususnya yang berada di daerah Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.

Memberikan Pelatihan Ketrampilan

Ini adalah langkah pertama yang akan saya lakukan untuk para entrepreneur. Seorang entrepreneur harus memahami keseluruhan proses bisnis, mulai dari proses produksi, administrasi, hingga pemasaran. Jika seorang pengusaha tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang cara menjalankan bisnisnya maka bisnisnya akan gagal di tengah jalan.

Memiliki modal yang besar tidak menjadi jaminan seorang pengusaha sukses menjalankan bisnisnya. Namun, jika ia memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, kekurangan modal bukan menjadi masalah besar baginya. Ia akan selalu bisa mencari solusi untuk menyelesaikannya.

Memberikan Pendampingan

Seorang entrepreneur atau pengusaha harus memiliki mentor dalam menjalankan bisnisnya. Seorang mentor akan menjadi pembimbing dan pengarah dalam menjalankan bisnis. Mentornya adalah pengusaha yang telah lebih dulu berkecimpung dalam bisnis, yaitu yang telah lebih berpengalaman dalam menjalankan bisnis.

Seorang mentor akan mencegah pengusaha pemula melakukan berbagai kesalahan yang umum dilakukan. Diantaranya adalah penyakit “banyak teori, malas bertindak” dan “banyak maunya, susah fokus”. Seorang mentor akan menjaga anak didiknya dari kesalahan di atas untuk tetap berada di jalur yang benar.

Memberikan Pelatihan Keterampilan

Para entrepreneur harus berkumpul dan bergabung dalam suatu komunitas pengusaha yang positif dan berdaya. Sebuah komunitas entrepreneur memiliki banyak manfaat yang akan diterima seorang pengusaha.

Ia akan memiliki jaringan pertemanan yang luas. Dalam dunia bisnis, jaringan adalah hal yang penting. Jaringan yang luas membuka kesempatan pemodalan dan pemasaran yang luas. Ia bisa bertemu dengan calon partner, investor, atau calon pelanggan jika memiliki jaringan yang luas.

Manfaat lainnya yang didapat dengan bergabung dalam komunitas entrepreneur adalah menjaga semangatnya dalam berbisnis. Pertemuan dengan antarsesama entrepreneur membuatnya merasa punya teman seperjuangan dan teman berbagi. Mereka bisa saling berbagi tips, saran, dan mencari solusi masalah-masalah yang dihadapinya dalam berbisnis.

Ketiga hal di atas merupakan salah satu solusi untuk memberdayakan para pengusaha, khususnya pengusaha pemula dan penggiat UMKM. Saya yakin jika diaplikasikan di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas maka pengusaha dan penggiat UMKM akan berkembang sehingga meningkatkan kesejahteraan mereka dan nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan baru.